Pages

Ads 468x60px

Labels

10.10.13

Eksplorasi Kereta Api Era Kolonial

Jakarta – Mayoritas masyarakat di Jakarta pasti pernah menggunakan sarana tranportasi kereta api, entah untuk perjalanan dalam kota maupun bepergian ke luar kota. Namun, pernahkah kita mengetahui dengan jelas seperti apa sebenarnya sejarah perkereta apian di Indonesia, sejak era kolonial hingga zaman modern sekarang ini?

Replika kereta api listrik pertama di Indonesia
Mungkin jawabannya terdapat di Jalan Rasuna Said, Kuningan. Tepatnya di Erasmus Huis atau pusat kebudayaan Belanda di Jakarta, karena sejak 24 September lalu hingga 19 Oktober 2013 besok terdapat pameran sejarah kereta api hasil kerjasama PT KAI dengan kedutaan Belanda. Tanpa dipungut biaya masuk membuat pameran ini layak dikunjungi selama senin - sabtu, namun pemeriksaan yang cukup ketat oleh pihak keamaan akan membuat kita sedikit merasa kurang nyaman.

Pintu masuk pameran

Saat pertama kali memasuki ruangan kita akan disambut replika kereta listrik pertama dan juga akan melalui sebuah gerbang yang bentuknya menyerupai bangunan di stasiun Kota. Ketika sudah didalam kita akan melihat foto-foto tentang kereta api pada masa jaman kolonial, miniatur rel serta stasiun kereta api, peta jalur kereta, serta berbagai macam peralatan dan perlengkapan kereta api lainnya.

Artikel sejarah kereta api di Indonesia

"Sengaja untuk pameran kali ini kita hanya menampilkan sejarah perkereta apian pada masa jaman kolonial Belanda, makanya kami bekerjasama dengan kedutaan Belanda", ujar Rochmani salah seorang Arkeolog dari PT KAI.

Pengurus kereta api di era kolonial

Jika berkunjung pada hari Sabtu bagi orangtua yang memiliki balita bisa mencoba wahana cho cho train yang ada di halaman Erasmus Huis, tentunya juga tanpa dipungut biaya. Mari berkunjung ke pameran kereta api Indonesia dan ketahuilah sejarah yang sebenarnya.

Tiket masuk   : GRATIS
Jam Buka      : 10.00 - 17.00 WIB

Kolase foto kereta api era kolonial

Miniatur jembatan kereta di Sumatra

Artikel bangunan kereta api bersejarah di Jakarta

Replika kepala kereta api uap

Seragam kereta api pada masa kolonial

Miniatur stasiun Ambarawa Semarang

Alat ticketing pada masa kolonial

Jalur kereta api pada masa kolonial

Miniatur kereta api uap

0 komentar:

Posting Komentar