Pages

Ads 468x60px

Labels

12.10.13

Menelusuri Batuan Karst di Museum Karst Indonesia

Wonogiri  Jika sekilas melihat tak akan ada yang menyangka, ditengah perbukitan kapur di wilayah Pracimantoro, Jawa Tengah terdapat sebuah museum yang hanya bisa kita temukan sebanyak 3 tempat di Indonesia, yakni Museum Karst. Museum yang diklaim sebagai museum terunik di Asia Tenggara ini menampilkan berbagai jenis karst yang terdapat di Indonesia.

Replika kerangka manusia goa
Museum karst yang didirikan tahun 2008 lalu ini baru diefektifkan sebagai lokasi wisata sejak 2010. Karst sendiri merupakan istilah dari bahasa Yugoslavia yang berarti wilayah yang terdiri dari batuan yang mudah larut seperti batu gamping.

Jika memasuki museum berbentuk prisma segi empat ini tak hanya menyajikan penjelasan mengenai batuan karst yang ada di beberapa wilayah di Indonesia namun juga tersedia diorama/miniatur tentang pegunungan karst dan juga proses penambangan batu karst.

Stalaknit dan Stalaktit buatan

Batuan yang mengkristral

Tak hanya itu terdapat juga replika manusia purba penghuni goa kapur di era prasejarah serta contoh bebatuan yang berasal dari dalam goa pegunungan karst. Semua itu dapat kita nikmati dengan merogoh kocek sebesar Rp 5.100,- untuk membayar tiket masuk. Menggunakan kendaraan pribadi jadi pilihan yang tepat karena sangat jarangnya kendaraan umum melewati museum yang satu ini.

Diorama kawasan pegunungan

Diorama tebing bebatuan

Replika manusia purba
Bagian bawah museum karst

Batuan yang telah mengkristral

Batuan gamping berongga

Replika manusia goa

Papan penjelasan tentang batuan karst
Jam operasional  : 09.00 - 15.30 WIB
Tiket masuk          : Rp 5.100,-

0 komentar:

Posting Komentar