Pages

Ads 468x60px

Labels

13.10.13

Hamparan Pasir Putih Sawarna di Pantai Ciantir

Bayah - Terletak 3 jam dari ibukota Indonesia serta satu jam dari Pelabuhan Ratu terdapat sebuah desa dengan wisata alam yang masih "perawan", yaitu Desa Sawarna. Desa yang terletak di Bayah, Provinsi Banten ini menawarkan berbagai pengalaman berwisata yang masih alami, diantaranya Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, dan Goa Lalay.

Kapal nelayan di Pantai Ciantir Sawarna
Pertama kali menginjakan kaki di desa ini kita akan disuguhi pemandangan jembatan gantung yang membentang di atas sungai yang harus disebrangi untuk sampai di penginapan yang ada. Dengan membayar tiket retribusi Rp 5.000,- kita dapat keluar masuk desa Sawarna tanpa harus membayar lagi. Penginapan yang terdapat di Sawarna sendiri mempunyai beragam jenis dan harga sewa mulai dari Rp 250.000,- hingga Rp 350.000-, kita hanya perlu menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada.

Pantai Ciantir, pantai dengan hamparan pasir putih

Obyek wisata pertama yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Ciantir, selain dekat dengan penginapan pantai ini juga menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk berenang atau hanya sekedar duduk santai di tepi lautan memandang Samudra Hindia. Kondisinya yang landai serta hamparan pasir putihnya membuat siapa pun akan terkagum ketika pertama melihatnya. Ombak yang tak terlalu besar serta jarang terumbu karang membuat kita ingin berlama-lama berenang di pantai ini.

Tumbuhan di Pantai Ciantir

Jika beruntung saat menyusuri pantai ke arah barat mendekati muara sungai kita akan melihat jutaan anakan kepiting yang baru saja menetas dan menyusuri pinggiran sungai. Jumlahnya yang banyak dan kecil membuat kita dapat menyentuhnya tanpa perlu khawatir dicapit olehnya.

Anak kepiting di muara sungai Pantai Ciantir Sawarna

Saat senja menjelang kita dapat menikmati matahari terbenam di ufuk barat saat cuaca cerah. Namun sayang, kita tidak dapat menyaksikan matahari terbit dari pantai Ciantir ini karena letaknya yang tak memungkinkan. Untuk menuju lokasi, kendaraan pribadi menjadi pilihan tepat karena jarang dan terbatasnya angkutan umum yang menuju ke desa Sawarna

Pemandangan Pelabuhan Sunda Kelapa dari atas bukit

Kumpulan anak kepiting menyerbu Danbo

Anak kepiting terlihat seperti gumpalan nasi

Tiket retribusi   : Rp 5.000,-
Penginapan     : Rp 250.000 - Rp 350.000

0 komentar:

Posting Komentar