Pages

Ads 468x60px

Labels

6.10.13

Mencoba Mitos Alun-Alun Kidul

Yogyakarta – “Kalo bisa lewat tengahnya dengan mata tertutup permohonan kita bisa terkabul”, ujar bapak yang menyewakan penutup mata saat kami akan menjajal sebuah mitos yang terkenal di kota Gudeg, Yogyakarta.

Beringin Kembar Alun-Alun Kidul Keraton

Mitos beringin kembar yang terletak di alun-alun kidul (selatan) sendiri mulai berkembang sejak jaman kerajaan dulu. Dimana pada masa itu prajurit keraton yang ingin melatih konsentrasi harus melewati beringin kembar tersebut dengan mata tertutup. Tradisi yang dikenal dengan masangin itu kemudian ditiru oleh masyarakat sekitar sampai sekarang yang membuat alun-alun kidul makin terkenal di kalangan wisatawan.


Lokasi yang berjarak 15 menit menggunakan andong atau becak dari Malioboro ini awalnya dibangun oleh Kesultanan Yogyakarta sebagai penyeimbang alun-alun utara dan dianggap sebagai tempat palereman (istirahat) dewa. Kini, alun-alun kidul telah bertransformasi sebagi lokasi bagi masyarakat maupun wisatawan untuk sekedar menenangkan diri maupun bermain. Malam hari menjadi pilihan waktu yang tepat untuk berkunjung, selain terhindar dari teriknya matahari juga terdapat beragam permainan yang bisa dinikmati bersama teman atau keluarga.

Jasa sewa penutup mata    :  Rp 5.000,-

0 komentar:

Posting Komentar